Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur Yang Besar

TRANSRAKYAT - Jumat, 4 Juni 2021 - 09:52 WIB
Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur Yang Besar
Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur Yang Besar - (TRANSRAKYAT)
Penulis
|
Editor

TransRakyat.com Surakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan, pemerintah menetapkan pilihan teknologi netral seperti teknologi generasi kelima atau 5G, yang juga diharapkan pilihan tersebut sangat bergantung kepada operator seluler dalam pemanfaatan ekosistem teknologi.

“Pemerintah telah menempatkan pilihan teknologi 5G adalah teknologi netral. Karenanya, sangat tergantung kepada pilihan operator seluler untuk memanfaatkan pilihan teknologinya,” ujar Menteri Johnny dalam Peresmian 5G di Kantor Walikota Surakarta, Surakarta, Kamis (03/06/2021).

Menurut Menteri Johnny, Pemerintah dan operator seluler tidak terikat dengan jenis teknologi tertentu. Akan tetapi diberikan kesempatan untuk memilih teknologi netral yang cocok dengan pertimbangan bisnis dan keadaan.

“Untuk itu, tentu saya berharap operator seluler memilih teknologi terapannya, teknologi baru di generasi kelima telekomunikasi yang tepat agar efisien, baik di infrastruktur maupun di operasionalnya, tentu itu kita harapkan,” jelasnya.

Baca Juga : JPMI Minta KPK Untuk Segera Periksa Gubernur Banten

Menkominfo menjelaskan, memilih teknologi 5G dengan harapan aspek teknologi ini membutuhkan dukungan infrastruktur yang lebih besar, secara khusus microcell untuk Base Transceiver Station (BTS) dan transmiternya.

“Karenanya kerja sama dengan pemerintah daerah juga menjadi penting, agar ada regulasi-regulasi yang memungkinkan deployment ICT infrastruktur mendukung 5G bisa dengan cepat dan mudah dilakukan. Misalnya, microcall bisa dipasang tidak saja melalui menara-menara, tetapi juga di atas gedung-gedung, juga di tiang-tiang listrik bahkan di lampu-lampu lalu lintas,” tandasnya.

READ  Ngopi Bareng Warga Kampung Boncos, Kapolres Metro Jakarta Barat Serap Aspirasi Masyarakat Berantas Peredaran Gelap Narkoba
Halaman:
1
2
3

1 Komentar pada “Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur Yang Besar”

  1. […] Baca Juga : Terapan Teknologi Netral, Menteri Johnny: 5G Butuh Dukungan Infrastruktur Yang Besar […]

Tinggalkan Komentar

https://transrakyat.com/wp-content/uploads/2022/05/IMG-20220512-WA0078.jpg

Kak Seto Beri Penghargaan Kapolres Bogor

Aksi Heroik Anggota Satlantas Polres Lebak Uji Nyali Mandikan ODGJ

Viral Kapolsek Klapanunggal Bersama Dinsos Bogor Datangi Rumah Egi

Toko Adat Baduy Menangis Atas Pengrusakan Gunung Liman

Close Ads X