Gegara Hadiah Bupati Cup Rp 95 Ribu, Inspektorat Pandeglang Panggil Pejabat Dispora dan Penyelenggara Event

TRANSRAKYAT.COM, PANDEGLANG – Gelaran Bupati Cup Pandeglang yang viral gegara amplop hadiah Rp 95 ribu kini mulai disorot oleh Inspektorat. Lembaga pengawas di lingkungan pemda ini pun mulai mengaudit anggaran pelaksanaan event olahraga itu setelah mendapat instruksi langsung dari Bupati Irna Narulita.

“Sesuai instruksi ibu bupati, anggaran itu langsung kami audit,” kata Sekretaris Inspektorat Pandeglang Raden Yunce Dewi saat dikonfirmasi wartawan trans rakyat via telepon, Selasa (21/12/2021).

Yunce mengaku, Bupati Irna Narulita menginginkan audit anggaran event olahraga sebesar Rp 150 juta lantaran dianggap tidak wajar. Inspektorat juga sudah memanggil sejumlah pihak mulai dari Kadispora Dadan Saladin dan penanggungjawab penyelenggara event Bupati Cup.

“Kemarin (20/12) udah dipanggilin, termasuk pak kadisnya yah. Pelaksana kegiatannya juga ada, termasuk staf-stafnya kita tanya,” ungkapnya.
Irna Narulita Tambah Hadiah Bupati Cup Rp 57 Juta.

Yunce belum bisa memastikan kapan pemeriksaan itu selesai dilakukan. Namun ia menegaskan, Inspektorat sudah meminta dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) untuk memeriksa secara rinci mengenai penggunaan dana event Bupati Cup kemarin.

“Kemarin sudah diminta DPA-nya, mudah-mudahan segera selesai. Tadi ngintip sih emang di situ angka-angkanya gelondongan, enggak dirinci, tapi kita harus pastikan lagi nanti seperti apa hasil pemeriksaannya,” terangnya.
Sebelumnya, Bupati Pandeglang Irna Narulita marah besar setelah uang hadiah event Bupati Cup Rp 95 ribu viral di media sosial. Irna langsung menginstruksikan Inspektorat untuk mengaudit anggaran Bupati Cup tersebut karena menganggap dengan dana Rp 150 juta, seharusnya hadiah pemenang lomba cabor bisa dianggarkan Rp 80 juta hingga Rp 100 juta.

“Inspektur inspektorat, audit. Rp 150 juta (seharusnya) ngasih hadiah Rp 80 juta, Rp 100 juta juga oke Rp 50 juta buat kegiatannya, ulah banyak ngabatina (ngambil keuntungannya). Males makanya saya hubungi anda (menyebut Kadispora Pandeglang Dadan Saladin), pihak yang tidak pernah anda hubungi berarti ada masalah dengan anda,” tuturnya.

 

(*M. Bangkit/ Ji/ Red)

A Rosyad:

View Comments (0)

This website uses cookies.